Rangkuman Bab 1 Komputer “Menggunakan Jaringan Komputer Dan Internet”

Arvan Rafif P - 8E - 8

 

Rangkuman Bab 1 Komputer

“Menggunakan Jaringan Komputer Dan Internet”

 

Apa itu Internet? Internet adalah sistem jaringan yang terdiri atas jaringan - jaringan kecil yang terkoneksi untuk menghubungkan komputer - komputer di seluruh dunia. Jaringan - jaringan kecil tersebut dapat berupa jaringan lokal (LAN), jaringan kota (MAN), dan jaringan wilayah tertentu (WAN). Jutaan jaringan itulah yang saling terhubung dan membentuk suatu jaringan yang sangat besar yang disebut internet.

Pada zaman sekarang internet telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, pemerintahan, bisnis, dan lain lain. Contohnya seperti kemampuan internet dalam hal komunikasi dan akses informasi di bidang pendidikan membuat internet menjadi pemeran penting sebagai sumber data dan informasi, serta sebagai sarana komunikasi. Dengan adanya internet, kita dapat mengakses atau mencari informasi dengan mudah. Hal ini disebabkan informasi di internet sangat banyak. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap hari jumlah informasi yang ditempatkan di internet bertambah dengan cepat. Selain itu internet dapat membuat para penggunanya saling berkomunikasi, dan ada juga berbagai aplikasi untuk berkomunikasi antara dua orang atau lebih dengan mudah dan cepat. Internet memungkinkan pesan yang dikirim oleh seorang pengguna internet yang akan sampai ke tujuan dalam tempo yang sangat cepat.

Kemajuan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi. Kecepatan koneksi menjadi hal yang sangat penting mengingat semakin besarnya kebutuhan untuk sarana bertukar informasi. Perkembangan internet tidak hanya melalui jaringan kabel. Penggunaan jaringan nirkabel unutuk koneksi ke internet juga telah berkembang dengan baik. Saat ini, kita dapat mengakses internet melalui jaringan nirkabel WiFi yang tersebar di tempat - tempat umum, baik yang dibagikan secara terbuka maupun untuk kalangan tertentu. Tempat - tempat umum, seperti bandara dan tempat makan telah disediakan layanan WiFi gratis.

Selain layanan kabel dan nirkabel, kita juga dapat mengakses layanan internet melalui layanan mobile data dari operator seluler menggunakan tekonologi 4G dan sedang menantikan teknologi 5G dengan kecepatan yang terus bertambah. Layanan internet melalui jaringan operator seluler membuat cakupan internet berkembang dengan pesat dan cepat. Pengguna internet di daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau dengan layanan internet melalui jaringan kabel, saat ini dapat dijangkau dengen mudah melalui jaringan seluler.

 Jaringan komputer adalah kumpulan komputer - komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya. Peranan komputer dalam kehidupan sehari - hari semakin terasa. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang industri dilakukan dengan bantuan komputer. Oleh karena kebutuhan pengolahan data dan informasi, maka dalam organisasi bisnis, kadang dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam tim.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, internet juga merupakan suatu jaringan komputer, yaitu jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Seseorang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet. Sedangkan intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet. Oleh karena itu, intranet sebenarnya sama dengan internet. Perbedaannya adalah jaringan intranet merupakan jaringan pribadi milik organinasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut dan tidak dibuka untuk umum sedangkan internet dapat diakses untuk umum. Kecepatan dalam internet juga sangat dibutuhkan. Kecepatan akses internet juga dikenal dengan istilah kecepatan transfer data, kecepatan koneksi, atau lebar bandwith, diukur dengan besar data yang dapat dilewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu. Besar data yang dilewatkan melalui jaringan diukur dengan satuan bit. Bit merupakan satuan terkecil dari sitem angka biner untuk menyimpan data. Selain bit, kita juga mengenal byte, dengan 1 byte terdiri dari dari 8 bit. Berikut ini istilah - istilah kecapatan internet :

1 byte (B) = 8 bit

1 kilobyte (KB) = 1.024 byte

1 megabyte (MB) = 1.024 kilobyte

1 gigabyte (GB) = 1.024 megabyte

1 terabyte (TB) = 1.024 gigabyte

1 petabyte (PB) = 1.024 terabyte

 

Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Oleh karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan sehingga berdirilah perusahaan - perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur tersebut. Selanjutnya, perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut juga dengan Internet Service Provider (ISP). Dari berbagai layanan internet yang tersedia, kamu bebas memilih layanan yang akan digunakan, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di daerahmu. Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan, di antaranya sebagai berikut :

1) Kecepatan transfer data

2) Biaya

3) Luas jangkauan

4) Teknologi yang digunakan

 

 

            Sejak internet diperkenalkan, aplikasi - aplikasi internet terus bertambah dan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini didorong oleh semakin majunya teknologi yang ada dan berkembangnya kebutuhan penggunanya. Saat ini, beberapa aplikasi internet yang paling populer digunakan, di antaranya sebagai berikut :

1) Discussion Board dan Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya dalam sebuah forum.

2) World Wide Web atau WWW adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam dokumen - dokumen halaman web.

3) Electronic Mail (Email) dan Mailing List adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat - menyurat dalam bentuk elektronik.

4) Weblog atau lebih popular dengan sebutan blog merupakan bentuk lain dari halawan web. Sama

 

            Internet merupakan gudang segala jenis informasi yang tiada batas. Beragam informasi disimpan di internet, mulai dari resep makanan, berita olahraga, kesehatan, teknologi, dan lain lain. Namun, beragamnya informasi dalam jumlah yang sangat banyak memberi kesulitan bagi pengguna internet karena pengguna menjadi sulit untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah suatu aplikasi yaitu “mesin pencari” atau “search engine”. Mesin pencari (search engine) adalah progam yang digunakan sebagai alat bantu untuk mecari informasi di internet. Beberapa search engine terkenal adalah Google, Bing, Baidu, Yahoo.

            Pertukaran antar komputer dalam suatu jaringan berarti ada proses pengiriman dari satu komputer dan penerimaan data oleh komputer yang lain atau dikenal dengan istilah komunikasi data. Ketika terjadi komunikasi data antara dua komputer, hal yang penting dipahami adalah bagaimana proses komunikasi data atau pengiriman data dapat tiba di tujuan dengan cepat, utuh, dan aman. Pengertian dari komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN, maupun internet. Sedangkan pengertian dari keamanan data adalah pendekatan keamanan yang menekankan terhadap keamanan data itu sendiri daripada keamanan jaringan, server, atau aplikasi.


Comments

Popular posts from this blog

Ceramah Umum, Dialog Interaktif dan Digital Labs 2020

Tugas Latihan Akhir Bab 3 (Buku Informatika)

Tugas Computational Thinking - Arvan 8E