Pengalaman Hari Pertama Masuk Sekolah Online Di Tahun Ajaran Baru

 

Pengalaman Hari Pertama Masuk Sekolah Online Di Tahun Ajaran Baru


Halo, nama saya Arvan dari kelas 8E, kali ini saya akan sedikit menceritakan tentang pengalaman saya di hari pertama sekolah online kelas 8 tahun ajaran 2020/2021 melalui zoom. Pada hari pertama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di kelas 8, saya tidak sabar bertemu teman-teman dan guru-guru baru.


Dalam PJJ ini jadwalkan pembelajaran dimulai dari pukul 07.00 pagi sampai 12.00 siang WIB. Pada malam sebelumnya, saya sudah mempersiapkan alat tulis dan buku-buku termasuk peralatan komputer yang diperlukan. Dan tibalah pada hari senin tanggal 13 Juli 2020 di hari pertama PJJ kelas 8. Meski suasananya berbeda karena adanya pandemi Covid-19 ini, saya tetap tidak sabar untuk bertemu teman-teman dan guru-guru baru. Pada pagi harinya saya bangun sekitar pukul 4 untuk melaksanakan salat tahajud dan salat subuh. Setelah melaksanakan salat, saya biasanya nonton tv sambil sarapan. Setelah sarapan saya mandi dan setelah mandi saya langsung masuk ke zoom kelas. Saat saya sudah masuk ke zoom kelas, sudah ada wali kelas saya yaitu Pak Dedi dan teman-teman yang lain. Rasanya senang bisa bertemu  kembali dengan teman-teman dan guru-guru baru walaupun dengan suasana yang berbeda. 


Dalam PJJ hari pertama, kami lebih banyak melakukan perkenalan diri kepada guru-guru dan diberikan penjelasan singkat atau sedikit gambaran tentang apa yang akan kita pelajari selama setahun kedepan. Dalam PJJ ini kami juga diberi waktu istirahat sekitar pukul 9.30 sampai 10.15. Dalam waktu istirahat saya biasanya makan atau salat dhuha. Setelah PJJ selesai pada pukul 12.00, saya mengistirahatkan mata dan juga laptop saya. Terkadang guru akan memberikan tugas-tugas melalui Google Classroom.  


Awalnya saya pribadi senang belajar dirumah, karena bisa memiliki banyak waktu bersama keluarga dan tidak perlu macet-macetan keluar rumah untuk berangkat sekolah. Tetapi lama kelamaan saya mulai merasa bosan dan stress dengan adanya PJJ ini setiap hari. Apalagi PJJ ini sebenarnya sudah dimulai dari kelas 7 pertengahan semester 2 tahun ajaran 2019/2020 lalu. Yang membuat saya bosan dan lelah karena menurut saya PJJ ini juga kurang efektif karena terkadang pada saat PJJ, terdapat beberapa kendala dengan jaringan atau sinyal pada guru maupun murid, Sehingga dapat menunda aktivitas belajarnya. Selain itu juga terkadang saat PJJ mata merasa lelah karena harus melihat layar secara terus menerus. Tapi mau tidak mau kita harus tetap melakukan PJJ ini.
    
Tetapi kita beruntung berada di Labschool karena sistem dan teknologinya sangat memadai walaupun terkadang ada beberapa kendala namun secara keseluruhan sudah baik. Kita tidak boleh belajar disekolah secara tatap muka dengan guru karena adanya pandemi Covid-19 ini. Kita harus mengikuti anjuran pemerintah juga yaitu kita harus belajar di rumah, bekerja di rumah dan ibadah pun harus di rumah juga.

Saya mengucapkan terima kasih kepada guru-guru karena telah berjuang agak kami tetap bisa belajar walaupun secara online.  Terima kasih yang sudah membaca cerita saya tentang pengalaman saya di hari pertama PJJ tahun ajaran baru. Untuk semuanya tetap di rumah dan jaga kesehatan seperti cuci tangan, makan-makanan yang sehat dan bergizi, olahraga secara teratur, selalu memakai masker ketika keluar rumah dan selalu jaga jarak. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu.

 

                                        

Comments

Popular posts from this blog

Ceramah Umum, Dialog Interaktif dan Digital Labs 2020

Tugas Latihan Akhir Bab 3 (Buku Informatika)

Tugas Computational Thinking - Arvan 8E