Tugas Soal Essay Algoritma
Soal Essay Algoritma
Arvan Rafif P - 8E - 08
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan
algoritma?
: Algoritma
adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan
suatu pekerjaan atau persoalan.
2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan
algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
: Cara untuk menulis metode algotitma
adalah Pseudocode dan Flowchart, Pseudocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan
permasalahan. Sedangkan Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan
menggunakan simbol standar yang berbeda-beda.
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses
algoritmanya!\
: Cara memprogam robot
1. Jalankan program RoboMind.
2. Untuk memilih map yang
sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan.
3. Pilihlah Map yang sesuai,
dalam hal ini OpenArea.
4. Pada program ini,
beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M dan R.
5. Tambahkan Forward (3),
Left, Forward (8), Right.
6. Tambahkan huruf I,
Paintwhite, Forward (2), dan StopPainting.
7. Tambahkan Right, Forward (2),
Left, dan Backward (2).
8. Tambahkan huruf A dan A (
)
9. Tambahkan program-program
selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan-aturan kode
seperti tadi.
10. Untuk melihat apakah kode
berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut.
11. Jika program sudah
berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data?
Jelaskan dengan lengkap!
: Variabel
adalah sesuatu yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai
tersebut dapat berubah - ubah. Sedangkan Tipe data adalah Kumpulan
benda atau objek yang dapat kita temui pada suatu data.
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah
program? Jelaskan langkah algoritmanya!
: Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita lakukan
seperti dibawah ini
string nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya. Variabel - variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi. Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di
scratch!
: A. Tipe data Boolean : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang
berupa True/False.
B. Tipe data Numerik : Hanya digunakan
untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.
C. Tipe data Teks/String :
Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan
teks!
: Tipe
Data Numerik/Angka Adalah data yang
terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara
matematika.
Tipe Data Alpha Numerik/Teks Adalah tipe data berupa teks seperti
huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang
tidak akan diproses secara matematika.
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu
menggunakan RoboMind!
: START
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘V’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘N’
END
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
: Tipe data Boolean hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa True/False.
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial
namamu menggunakan RoboMind.
: START
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘P’
END
Comments
Post a Comment