Rangkuman Bab 4 Informatika “Menerapkan Berpikir Komputasional Dan Praktik Lintas Bidang."


Rangkuman Bab 4 Informatika “Menerapkan Berpikir Komputasional Dan Praktik Lintas Bidang."

1. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal yang menggunakan pengurangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat digunakan untuk pola batik.

2. Kita dapat menggunakan Scratch untuk menylesaikan persoalan lingkaran dan menggambarkan lingkaran dan juringnya menggunakan pergerakan Sprite.

3. Obstacle avoiding robot menggunakan sensor ultrasonik sebagai input serta pergerakan motor sebagai output.

4. Line follower robot dan maze solver robot menggunakan sensor cahaya sebagai dan pergerakan motor sebagai output.

5. Kita dapat menggunakan Scratch untuk membangun programm untuk kalkulator BMI.

6. Persoalan garis singgung lingkaran dapat diselesaikan dengan menggunakan Scratch.

7.  Ada banyak persoalan dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan berbagai jenis robot.

8. Teknologi yang sangat canggih di jaman sekarang dapat memberikan berbagai keuntungan di dunia, namun bukan artinya tidak memberikan kerugian juga. Salah satu contohnya adalah penggunaan transportasi konvensional menjadi berkurang akibat transportasi online yang lebih pasti harga dan layanannya, serta tempat-tempat seperti mal dan toko menjadi sepi akibat para pembeli pindah ke belanja online.

9. Scratch merupakan program atau aplikasi yang sangat bagus untuk digunakan para programmer pemula, yang ingin belajar pemrograman, dan bahkan programmer jago pun. Scratch dapat digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam pemrograman, seperti menghitung luas lingkaran, menggambar lingkaran, menghitung berat badan, dan bahkan memprogram robot.

10. Serumit-rumitnya sebuah persoalan dalam pemrograman, semua itu dapat diselesaikan dengan teknik dasar dan pemikiran computational thinking atau berpikir komputasional.

 

 Arvan Rafif P - 8E - 08


Comments

Popular posts from this blog

Ceramah Umum, Dialog Interaktif dan Digital Labs 2020

Tugas Latihan Akhir Bab 3 (Buku Informatika)

Tugas Computational Thinking - Arvan 8E