Rangkuman Bab 4 Informatika “Menerapkan Berpikir Komputasional Dan Praktik Lintas Bidang."
Rangkuman Bab 4 Informatika “Menerapkan Berpikir
Komputasional Dan Praktik Lintas Bidang."
1. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal yang
menggunakan pengurangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat digunakan
untuk pola batik.
2. Kita dapat menggunakan Scratch untuk menylesaikan
persoalan lingkaran dan menggambarkan lingkaran dan juringnya menggunakan
pergerakan Sprite.
3. Obstacle avoiding robot menggunakan sensor
ultrasonik sebagai input serta pergerakan motor sebagai output.
4. Line follower robot dan maze solver robot
menggunakan sensor cahaya sebagai dan pergerakan motor sebagai output.
5. Kita dapat menggunakan Scratch untuk membangun
programm untuk kalkulator BMI.
6. Persoalan garis singgung lingkaran dapat diselesaikan
dengan menggunakan Scratch.
7. Ada banyak persoalan dalam berbagai bidang
kehidupan manusia yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan berbagai jenis
robot.
8. Teknologi yang sangat canggih di jaman sekarang
dapat memberikan berbagai keuntungan di dunia, namun bukan artinya tidak
memberikan kerugian juga. Salah satu contohnya adalah penggunaan transportasi
konvensional menjadi berkurang akibat transportasi online yang lebih pasti
harga dan layanannya, serta tempat-tempat seperti mal dan toko menjadi sepi
akibat para pembeli pindah ke belanja online.
9. Scratch
merupakan program atau aplikasi yang sangat bagus untuk digunakan para
programmer pemula, yang ingin belajar pemrograman, dan bahkan programmer jago
pun. Scratch dapat digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam pemrograman,
seperti menghitung luas lingkaran, menggambar lingkaran, menghitung berat
badan, dan bahkan memprogram robot.
10. Serumit-rumitnya
sebuah persoalan dalam pemrograman, semua itu dapat diselesaikan dengan teknik
dasar dan pemikiran computational
thinking atau berpikir komputasional.
Arvan Rafif P - 8E - 08
Comments
Post a Comment