Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa

 

Assalamualaikum Wr. Wb. Halo, nama saya Arvan dari kelas 8E, kali ini saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya di “Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa” yang diselenggarakan pada hari Senin 26 Oktober 2020. “Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa” ini diselengarakan dengan memakai aplikasi zoom.

Kegiatan Maulid Nabi merupakan salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya oleh SMP Labschool Rawamangun untuk para siswa/siswi terutama untuk yang muslim. Kegiatan maulid nabi ini untuk memperingatkan ekspresi kegembiraan dan penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Selain kegiatan maulid nabi ada juga lomba Bulba dan Loketa. Lomba Bulba atau Bulan Bahasa yaitu lomba-lomba seperti Debat, Puisi, Cerpen, E-poster, Fotu dan Pidato. Sedangkan lomba Loketa atau Lomba Keterampilan Agama adalah lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama khususnya Islam. Daftar lomba-lomba Loketa adalah Kaligrafi, Komik Islami, Azan, Da’i/Da’iyah, MTQ, Tahfidz.

Acara dimulai dengan registrasi terlebih dahulu dari pukul 06.45 WIB sampai pukul 07.00. setelah itu pembukaan dari OSIS, Tilawah yang dibawakan oleh anggota ROHIS, sambutan dari Ketua POMG, Kepala Sekolah dan Kepala BPS sampai 07.20. Setelah itu dilanjutkan dengan Ceramah Maulid Nabi oleh Ustad Usaid Fatahurrahman sampai pukul 08.20. Sehabis ceramah kami para murid diberi waktu istirahat. Di saat istirahat saya memanfaatkan waktunya dengan melakukan salat Dhuha dan mengistirahatkan mata dari layar laptop. Dan setelah waktu istirahat habis, sebelum lomba dimulai ada penjelasan teknis lomba terlebih dahulu.

Setelah sudah dijelaskan untuk teknik lomba, peserta yang ikut lomba diarahkan ke zoom meeting-nya masing masing, dan bagi yang tidak ikut lomba dapat menjadi suporter untuk lomba dan sudah ditentukan oleh nomer absennya masing-masing. Dan lomba pun dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Saya kebagian untuk menjadi suporter lomba MTQ. Di lomba MTQ ini para peserta lomba membaca surat Al Hasyr ayat 22 sampai ayat 24. Di lomba MTQ terdapat 2 Juri yaitu Pak Dedi dan Bu Ita. Setelah lomba MTQ selesai, para peserta lomba dan para suporter di arahkan untuk ke zoom angkatan untuk menyaksikan .

Di zoom angkatan, para peserta dan para suporter menyaksikan lomba yang gak kalah seru yaitu lomba Debat. Lomba ini berlangsung seru dan menarik. Karena di lomba Debat ini para peserta saling berdebat tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), seputar berita Covid-19, berlibur di tengah pandemi dan tentang dihilangkannnya Ujian Nasional (UN). Selain lomba Debat, menurut saya lomba yang juga gak kalah menarik adalah lomba Fotu. Lomba Fotu adalah merupakan lomba photoshoot yang dilakukan di rumah oleh perwakilan kelas dengan tema-tema yang menarik.



Menurut saya dengan adanya “Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa” para siswa/siswi bisa melatih kekreatifitasannya dan bisa membuat kita lebih percaya diri untuk tampil dan berbicara di depan umum. Dan acara ini juga seru, menarik dan meriah.

Berikut ada beberapa video yang berhubungan dengan “Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa”:



Sekian tentang pengalaman saya di “Kegiatan Maulid Nabi, Lomba Bulba dan Lomba Loketa” yang diselenggarakan pada hari Senin 26 Oktober 2020.

Terima kasih sudah membaca, Wassalamualaikum Wr. Wb.


Arvan Rafif P - 8E - 08 


Comments

Popular posts from this blog

Ceramah Umum, Dialog Interaktif dan Digital Labs 2020

Tugas Latihan Akhir Bab 3 (Buku Informatika)

Tugas Computational Thinking - Arvan 8E